Sebuah desain logo merupakan
perwakilan sebuah perusahaan. Logo merupakan pencitraan brandmark suatu
perusahaan atau institusi yang sangat sederhana dan dapat mewakili visi dan
misi suatu perusahaan atau institusi tersebut. Sebuah desain logo
merupakan perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah pembeda
visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Didalam desain logo yang bagus,
akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut. Atau dengan kata
lain, logo melambangkan perusahaan anda dan merupakan unsur penting dari
“busisness mix” perusahaan anda. Terlepas dari apakah suatu desain logo merupakan
desain logo yang diterima secara luas sebagai desain logo yang bagus, pada
kenyataahnnya banyak perusahaan kecil maupun perusahaan yang baru berdiri
mengabaikan pentingnya suatu logo bagi perusahaan tersebut. Bahkan banyak
perusahaan kecil dan perusahaan yang baru berdiri tidak memikirkan untuk
mendesain logo bagi perusahaan mereka karena harga desain logo bagi kebanyakan
perusahaan tidak murah.
Penciptaan sebuah logo tidak
hanya didasari oleh faktor penampilan saja yang menimbulkan pendalaman makna
yang terkandung di dalam logo sangatlah kurang. Adalah hal yang sangat penting
untuk memiliki desain logo yang tepat untuk branding dan tujuan komunikasi yang
bertindak sebagai identitas dari perusahaan. Didalam desain logo yang bagus,
akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut.
Logo memiliki 3 (tiga) tujuan
utama, antara lain:
Bentuk
atau Marking. Bentuk marking dari logo ini biasanya diambol dari sebuah obyek
yang terkait dengan perusahaan atau produk yang nantinya akan dibuatkan desain
logonya.
Menarik
Mata atau Eye Catching. Desain logo harus memiliki nilai tambah dan harus lebih
dari cuma sekedar menarik untuk dilihat.
Trend.
Perkembangan desain logo akan sangat dipengaruhi oleh trend dan perkembangan
jaman. Seperti trend dalam dunia seni, teknologi atau bisnis perusahaan maka
trend dalam logo ini seringkali mewakili sisi dinamis dari bentuk atau lambang
yang diambil oleh perusahaan.
Logo juga terbagi dalam beberapa
macam jenis-jenis Logo, yaitu
Name Logo, Adalah logo yang
diambil dari sebuah nama, dengan menggunakan gaya grafis khusus. Logo jenis ini
memberi ketegasan dan pesan langsung kepada konsumen. Contoh logo jenis ini
seperti pada produk sandang karya perancang ternama Yves Saint Laurent, produk
elektronik Sony, Toshiba, Panasonic, produk kamera Nikon, Leica, Yashica,
peralatan fotokopi Xerox, dan lain-lain.
Symbol Logo,
Yaitu logo yang terdiri dari nama perusahaan atau produk dengan gaya tipografis
yang berkarakter kuat, tersusun atas bentuk-bentuk grafis seperti oval,
lingkaran atau kotak. Sebagai contoh adalah logo Ford, Du Pont, Hertz dan
banyak lagi. Kelebihan jenis logo ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan
fleksibel karena jenis logo seperti ini mampu berdiri sendiri.
Initial Letter Logo,
Yaitu logo yang menggunakan huruf awal (inisial) dari nama produk atau
perusahaan dan menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut. Logo
jenis ini terkadang menunjukkan gabungan nama pemilik perusahaan seperti logo
produsen hardware komputer Hewlett-Packard. Selain contoh diatas banyak contoh
lain seperti logo Bank BCA, IBM, RCTI, dan lainnya.
Pictorial Name Logo,
Adalah logo yang menggunakan nama produk atau organisasi sebagai komponen
penting dari gaya logo, yang secara keseluruhan logo ini memiliki gaya yang
sangat khusus. Perusahaan yang menggunakan logo jenis ini, biasanya adalah
perusahaan yang sudah terkenal, seperti Coca Cola, Kodak, McDonald, Rolls Royce
dan lain sebagainya. Karena kuatnya image perusahaan/produk yang memakai logo
ini, maka bila terjadi peniruan logo tersebut oleh produk atau perusahaan lain
maka citra yang dihasilkannya tetap mengarah pada produk atau perusahaan yang
ditiru.
Associative Logo,
Yaitu logo yang berdiri bebas yang biasanya tidak memuat nama produk atau
perusahaan, tetapi memiliki asosiasi langsung dengan nama, produk atau wilayah
aktifitasnya. Sebagai contoh logo perusahaan pembuat pesawat terbang
Aerospatiale, logonya terdiri dari kalimat Aerospatiale yang membentuk bola
planet yang dengan jelas memperlihatkan jangkauan aktifitasnya yakni
penerbangan, logo perusahaan minyak Shell yang menunjukkan gambar kerang
sebagai asosiasi dari fosil penghasil minyak, kemudian logo 20th Century Fox,
yang menggambarkan gemerlap dan megahnya dunia perfilman dan masih banyak lagi.
Jenis logo seperti ini mempunyai daya tarik kuat dan mudah untuk dipahami.Allusive Logo,
Yang dimaksud dengan allusive logo adalah logo yang bersifat kiasan, seperti
logo Mercedes Benz yang terdiri dari bentuk bintang segitiga yang merupakan
representasi dari sistem kemudi mobil, bentuk A pada perusahaan penerbangan
Alitalia yang dideformasikan dari bentuk ekor pesawat yang berfungsi sebagai
penyeimbang. Logo jenis ini memiliki hubungan yang tidak langsung antara nama
dengan logonya sehingga logo jenis ini sulit untuk dipahami, dan memerlukan
waktu lebih agar seseorang bisa memahami apa maksud dari logo yang
bersangkutan.
Abstract Logo, Yang dimaksud dengan logo jenis ini adalah logo yang
dapat menimbulkan beraneka kesan, yang dipengaruhi oleh daya pemahaman
konsumen. Ini terjadi karena bentuk visual logo ini sangat abstrak. Diantaranya
mengambil suatu bentuk struktural yang dikreasikan dengan efek optis yang
bervariasi. Sebagai contoh adalah logo Citroen. Logo jenis ini sangat disukai
di Amerika, karena logo jenis ini mampu dibuat dengan bermacam variasi dan
sangat orisinil sehingga terjadinya kemiripan sebuah logo dengan logo yang
lainnya akibat dari banyaknya produk dan perusahaan yang tumbuh di Amerika bisa
dihindari. Bentuk logo abstrak yang ada di Indonesia adalah seperti logo Bakrie
Brothers. Abstract logo pertama kali digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
Jepang, yang kemudian perusahaan-perusahaan tersebut mengalami kesuksesan di
negara barat, sehingga menjadi ide baru bagi perkembangan logo di dunia barat.
Logo jenis ini sekarang menjadi standar disain logo kontemporer. Kelemahan dari
jenis logo ini adalah bentuknya yang abstrak, sehingga sukar dipahami oleh
konsumen serta tidak memiliki pengertian yang benar-benar tepat seperti apa
yang diinginkan.
Advertising:
Memadukan Warna dengan Simbol
Logo
Warna sejak lama diketahui
bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak
manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa
mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para
marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding,
sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah
atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi
visual yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology
(menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh
banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh
juta warna yang berbeda. Tetapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki
dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk
lebih loyal terhadap produk perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang gelombang
energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan
berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate
identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan
dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Merahadalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik
merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga
meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah
juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat
motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga
membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.
Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap
agresif.
Kuningadalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai
sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada
dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran
empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara
mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga
berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga
merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas.
Orangeialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat dan ramah yang
membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan
diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga
meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas.
Dari
semua warna dalam spektrum, Biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu
makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat
memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang
menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan,
tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan
ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat
(biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan
pikiran dan membantu konsentrasi.
Violet,
warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu
tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya
akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa
dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi,
kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus.
Hijaudikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap
sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang
sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan
antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung
sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan
kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas
lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman.
Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya.
Indigo,
Warna-warna nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat sistem
getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh.
Putih,
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan aura
kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan
warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna
putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang
dipantulkan.
Dengan pemahaman efek dari
berbagai macam warna ini maka akani mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi
visual, marketing, materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) ,
corporate identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain logo
perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang sukses dan
berhasil. **Artikel diambil dari berbagai sumber
SILAHKAN MENGISI FORMULIR PEMESANAN UNTUK ORDER
DESAIN :
Kemampuan
dasar Adobe Photoshop yang harus dimiliki guna menggambar atau edit
foto Photoshop. Karya seni seperti membuat kartun dengan Photoshop
membutuhkan teknik
dasar Pen Tool untuk bisa membuatnya. Pen Tool juga bermanfaat ketika
kita akan membuat karya yang membutuhkan garis-garis atau ketika ingin
membuat seleksi.
Lihat Caranya:
Bagian-bagian Pen Tool
Sebelum memulai pilih Pen Tool yang terletak pada menu vertikal sebelah kiri jendela Photoshop
dan perhatikan bagian-bagian Pen tool berikut. Setiap bagian yang perlu
akan saya beri penjelasan mengenai fungsinya masing-masing
Opsi Untuk Pen Tool
Tedapat tiga pilihan yang
terdapat dalam kotak. Pilihan yang berfungsi ketika menggunakan Pen Tool
hanyalah bagian pertama dan kedua saja, sedangkan bagian ketiga hanya berfungsi
ketika menggunakan Rectangle Tool atau sejenisnya.
Shape
Layers :
Dengan memilih Shape Layers maka setiap titik yang kita buat akan
dihubungkan membentuk sebuah bidang (shape). Jika antara garis path dan
garis yang menghubungkan titik pertama dan terakhir membentuk sebuah area,
maka secara otomatis area tersebut akan terpenuhi dengan warna foreground.
(lihat gambar di bawah ini)
Paths : Pada opsi Paths setiap titik
yang dihubungkan akan membentuk path dan tidak membentuk bidang secara
langsung. Opsi inilah yang sering digunakan untuk membuat garis-garis
vektor. Dalam tutorial ini opsi inilah yang paling banyak akan kita bahas.
(Lihat gambar di bawah ini)
Rubber
Band :
Mengaktifkan Rubber Band akan sangat membantu karena akan menunjukkan
bagaimana bentuk shape selanjutnya sebelum menambahkan Anchor Point.
Opsi
Penggabungan
Area Path
Disini terdapat empat bentuk penggabungan, masing-masing akan mebuat area yang
berbeda jika dua atau lebih path area digabungkan. Untuk lebih jelasnya
perhatikan gambar berikut. (lihat gambar di bawah ini)
Cara Pertama Menggunakan Pen Tool
Ada dua
cara untuk menggunakan Pen Tool. Kita buat dulu huruf U menggunakan Horizontal
Type Tool yang digunakan sebagai simulasi. Cara pertama buat path baru dengan
mengklik ujung kiri atas huruf U, tarik ke kanan dan klik lagi pada sudut lain
yang ada di sebelah kanan titik yang pertama. Zoom in (CTRL + Space + Klik)
untuk view membesar dan zoom out (Ctrl + ALT +Space + klik) untuk view
mengecil, cara ini dilakukan agar didapat hasil yang lebih akurat.
Ulangi
langkah ini untuk membuat path ke bawah sampai pada titik sebelum lengkungan.
Untuk bagian lengkungan mulai dari titik terakhir, klik pada bagian tengah
lengkungan, tahan klik dan tarik kursor ke kanan sampai path melengkung dengan
rapi. (lihat gambar di bawah ini)
lanjutkan
dengan cara yang sama sampai titik yang terakhir berhimpitan dengan titik yang
pertama.
Cara Kedua Menggunakan
Pen Tool
Sebenarnya
yang membedakan cara pertama dan kedua hanyalah pada bentuk melengkungnya,
sedangkan untuk garis yang lurus sama saja dengan cara yang pertama. Jadi
pertama buat path untuk garis lurusnya. Klik pada titik permulaan melengkung,
lalu klik lagi pada bagian tengah lengkungan. Disini tidak perlu ditahan dan
ditarik. Tekan Ctrl dan klik untuk menyudahi path. (lihat gambar di bawah ini)
Tambahkan Anchor Point pada bagian
tengah garis path di bagian lengkungan dengan klik kanan pada path dan pilih
Add Anchor Point. Tekan Ctrl, klik Anchor Point yang baru dan tahan lalu geser
ke sudut kiri bawah sampai posisinya sesuai lengkungan. (lihat
gambar di bawah ini)
dapat
juga dilakukan dengan menggunakan tool Add Anchor Point Tool yang ada pada
hidden tab Pen Tool.
Menggunakan Path yang
Sudah Jadi
Dari langkah yang diatas kita
selesaikan path tersebut sampai membentuk huruf U. Path yang sudah jadi dapat
digunakan untuk membuat Vector Mask, mendefinisikan Custom Shape, membuat
seleksi, memenuhinya dengan warna dan Stroke Path. Klik kanan pada path untuk
memunculkan pilihannya. (lihat gambar di bawah ini)
Create Vector Mask
Dengan path yang sudah jadi kita
dapat mengkrop layer dengan Vector Mask layaknya seleksi untuk Layer Mask.
(lihat gambar di bawah ini)
Define Custom Shape
Kita bisa membuat shape sendiri
dengan path yang sudah kita buat. Jadi selanjutnya jika ingin membuat path yang
sama tinggal menggunakan shape tersebut. Caranya klik kanan pada path, pilih
Define Custom Shape, beri nama shape baru ini, tekan OK. (lihat gambar di bawah
ini)
Make Selection
Klik kanan pada path lalu pilih Make
Selection untuk mebuat seleksi yang bentuknya seperti path yang kita buat.
(lihat gambar di bawah ini)
Fill Path
Dari path kita juga bisa mengisi
areanya dengan warna tetentu. Bisa dengan warna background, pattern atau warna
lain yang bisa kita pilih sendiri. Kita juga bisa mengatur Blending Mode dan
Opacitynya. (lihat gambar di bawah ini)
Stroke Path
Stroke Path digunakan untuk membuat
garis dengan bentuk sepeti path, bisa dengan Brush atau lainya (Lihat gambar di
bawah ini)
Free Transform
Free transform digunakan untuk
mebesarkan objek , mengecilkanobjek, mirror manual bahkan untuk efek perspektif
dengan klik + drag sambil menekan tombol CTRL. Demikian tutorial dasar
menggunakan Pen Tool pada Photoshop. Selamat mencoba!!!
Sumber :
http://www.ahlidesain.com/cara-menggunakan-pen-tool-pada-photoshop.html