Pemasaran didefinisikan
sebagai alat perencanaan dan ekseskusi konsep dan pengembangan, penentuan
harga, penempatan, promosi, dan distribusi ide, barang dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Sebagai suatu aktifitas bisnis yang terlibat dalam pergerakan
barang dari produsen ke konsumen, pemasaran meliputi periklanan dan desain
kemasan, perdagangan, dan penjualan.
Dalam suatu komponen
masyarakat, produk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan ekonomi
dan memenuhi kebutuhan manusia untuk memberdayakan sumber daya fisik. Dengan pertumbuhan konsumersime yang terus
berlanjut, maka berlipat gandalah produk dan jasa.
Datanglah ke supermarket,
disana ada puluhan ribu produk berbeda yang berderet di rak. Department store,
toko, grosir, toko barang-barang khusus, outlet, dan internet merupakan peluang
bisnis dalam lingkungan Desain Grafis. Produk adalah barang kebutuhan, dan
Desain Grafis pun memiliki sama yang sama yakni suatu kebutuhan dalam mengemas
produk itu menjadi nilai jual yang tinggi dan diminati konsumen.
Sebagai seorang desainer, jadikan karya-karya
Anda tidak hanya sebagai “Kebutuhan” tapi mampukan Anda menjadikan desain itu
sendiri menjadi sesuatu yang berbeda, … apa itu? “Desain menjadi Tahap
Keinginan” bukan lagi suatu kebutuhan namun sudah pada tahap keinginan yang
pasti (need and want). Perlu diingat!!!
Seorang desainer harus memiliki kepekaan untuk menahan diri dan jauhkan
pemikiran bahwa sebuah desain produk sebagai itu “Kontes” hehehehe…. salah satu
yang menentukan adalah Kasir berdering.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar